Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 6, No 1 (2023)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Teknik Make a Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X

Tahlily Zakiyah Nur (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)
Fitria Zana Kumala (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team-Assisted Individualization (TAI) dengan teknik make a match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi lapangan dengan metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 38 siswa yang diambil secara keseluruhan dari populasi penelitian, sehingga sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sejumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes yang berbentuk pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan Gain ternomalisasi (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik make a match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Kabupaten Banyumas, dibuktikan dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dari rata-rata N-Gain kelas kontrol yaitu 0.60 > 0.26.Kata kunci: Kooperatif Tipe TAI, Teknik Make a Match, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...