EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023)

Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris

Ahmad Zaki Munibi (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2023

Abstract

Adanya masalah dalam kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Inggris diduga disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap kosakata serta penataan bahasa. Tujuan dari dilakukannya penelitian yaitu mengumpulkan data empiris yang valid tentang dampak penguasaan kosakata serta penataan bahasa pada keterampilan membaca berbahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah melalui pendekatan survei dengan analisis hubungan. Sampel penelitian terdiri dari 60 responden tingkat dua jenjang SMP di Tangerang pada tahun 2018 dengan pemilihan secara acak. Temuan penelitian memperlihatkan: 1) Kemahiran dalam perbendaharaan kata serta penataan bahasa memiliki pengaruh signifikan pada keterampilan membaca berbahasa Inggris, yakni Signifikansi 0,001 < 0,05 serta Fh = 10,977, yang berkontribusi 37,97% terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris. 2) Penguasaan kosakata memiliki pengaruh signifikan pada keterampilan membaca berbahasa Inggris, yakni Signifikansi 0,002 < 0,05 serta th = 1,405, yang berkontribusi 19,94% dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris. 3) Penguasaan tata bahasa memiliki pengaruh signifikan pada keterampilan membaca berbahasa Inggris, yakni siginifikansi 0,000 < 0,05 serta th = 1,320, yang berkontribusi 18,03% dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris. Dengan demikian, dapat ditarik simpulan kemahiran kosakata dan tata bahasa merupakan dua faktor yang signifikan dalam membantu siswa memahami makna kalimat tertentu dan meningkatkan keterampilan membaca berbahasa Inggris.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...