JURNAL KOMUNIKATIO
Vol. 9 No. 1 (2023): Jurnal Komunikatio

KOMPETENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MARKETING OFFICER DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH UMKM

Sukarelawati Sukarelawati (Universitas Djuanda)
Dinda Rizkiya (Universitas Djuanda)
Desi Hasbiyah (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Dalam dunia bisnis dan pemasaran, komunikasi menjadi pondasi dasar bagi setiap pelaku, bukan hanya dalam hal penjualan produk dan jasa, komunikasi juga berperan dalam menjaga hubungan baik dengan nasabah baru dan nasabah lama. Sangat penting bagi Marketing Officer  dapat menguasai kompetensi komunikasi interpersonal dalam pekerjaannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui indikator apa saja yang dimainkan dalam kompetensi komunikasi interpersonal Marketing Officer di PT. Sarana Sumut Ventura, dan faktor tertentu dimungkinkan sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Metode yang digunakan ialah metode Kualitatif. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa kompetensi komunikasi Interpersonal officer marketing memiliki hubungan dengan teori yang dikemukakan oleh Spitzherg Cupac dalam Devito (1997) dengan indikator motivasi, pengetahuan dan skill.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JURNAL KOMUNIKATIO (p-ISSN: 2442-3882 dan e-ISSN 2549-8002) adalah jurnal ilmiah yang memuat aspek-aspek Ilmu Komunikasi dalam Konteks Teori dan Praktik. Terbit dua kali dalam satu tahun (April dan ...