Tujuan penelitian ini untuk mengetahui transformasi pembelajaran terbatasa pasca pandemi Covid-19. Permasalahan dalam peralihan pembelajaran menyebabkan munculnya masalah, diantaranya perubahan penampilan peserta didik, perubahan perilaku peserta didik, adanya hambatan dalam belajar beberapa siswa dan rendahnya minat belajar siswa dan literasi yang menurun. Selain itu sedikitnya waktu dalam pembelajaran mempengaruhi hasil belajar dan siswa dan pemahaman siswa sebagian besar hanya dibarikan ketika di sekolah. Hal tersebut sebagai akibat dari pembelajaran daring yang sebagian besar memanfaatkan gawai atau tekhnologi. Sehingga siswa cenderung kecanduan. Metode penelitian yaitu kualitatif pendekatan deskripsi. Hasil penelitian yaitu guru Sosiologi mengatur strategi pembelajaran dengan memilih poin-poin penting mengenai materi yang akan disampaikan kepada siswa dan mengarahkan siswa untuk meringkas materi untuk dibahas di pertemuan selanjutnya selain itu memberikan tugas pendalaman materi kepada siswa untuk melihat kemampuan memahami materi. Dengan strategi umum yang diterapkan dalam pembelajaran terbatasa selama pendemi dengan penugasan kepada siswa di rumah agar siswa tetap belajar.
Copyrights © 2023