Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Panggung Lor

Bhekti Fitrianingsih (Universitas PGRI Semarang)
Mei Fita Asri Untari (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Prayito (Universitas PGRI Semarang)
Trinil Wigati (SDN Panggung Lor)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Pembelajaran di sekolah harus diupayakan membentuk pola pikir kritis bagi siswa. Dengan begitu, siswa akan mampu tampil percaya diri dan selalu berupaya memberikan solusi terbaik bagi setiap permasalahan yang muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN Panggung Lor. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek siswa dan guru kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan Dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, dapat berasal dari faktor internal (siswa) dan faktor eksternal (guru). Faktor internal (Siswa) berupa siswa giat dalam belajar, tidak bermalas malasan. Sedangkan Faktor Eksternal (guru) yaitu dengan menentukan model, strategi, metode atau teknik pembelajaran yang sesuai dengan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...