2-TRIK: TUNAS-TUNAS RISET KESEHATAN
Vol 14, No 3 (2024): Juli-September 2024

Platform E-Learning Belajar Kesga Kelas Ibu Balita berhasil Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Herlina, Tutiek (Unknown)
Nisrina, Salsabilla (Unknown)
Ngestiningrum, Ayesha Hendriana (Unknown)
Purwanto, Triana Septianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

The Mother Toddler Class program facilitates parents in monitoring their children's growth and development. During the pandemic, the Mother Toddler Class program cannot be implemented, but independent monitoring of children's growth and development can be carried out using the e-learning platform Belajar Kesga. This study aims to determine the effect of the e-learning platform Belajar Kesga Mother Toddler Class on mothers' knowledge of child growth and development. This study used a non-equivalent control group design, involving 88 mothers of toddlers selected using the cluster sampling method, divided into two groups: a treatment group and a control group, each with 44 people. Knowledge was measured in both groups, both before and after the intervention, using Google Forms. Data were then analyzed using the Wilcoxon test and the Mann-Whitney test. In the treatment group, a p-value of 0.000 was obtained, indicating a significant difference in knowledge levels before and after the intervention. In the control group, a p-value of 0.443 was obtained, indicating no significant difference in knowledge levels before and after the intervention. The comparison test of the final knowledge levels between the two groups yielded a p-value of 0.000, indicating a difference in knowledge levels between the two groups, with higher levels in the treatment group. In conclusion, the e-learning platform "Learning Kesga" successfully increased the knowledge of mothers of toddlers regarding child growth and development. Therefore, it is hoped that the use of the e-learning platform "Learning Kesga" can be encouraged.Keywords: toddlers; growth; development; e-learning platform; mothers' knowledge ABSTRAK Kegiatan kelas ibu balita menjadikan orangtua terfasilitasi dalam mendeteksi pertumbuhan dan perkembangan anak. Di masa pandemi, kegiatan kelas ibu balita tidak dapat terlaksana, namun dapat dilakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak secara mandiri dengan menggunakan platform e-learning belajar kesga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh platform e-learning belajar kesga kelas ibu balita terhadap pengetahuan ibu mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan rancangan non-equivalent control group, yang melibatkan 88 ibu balita yang dipilih menggunakan metode cluster sampling, yang dibagi menjadi dua untuk kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, masing-masing 44 orang. Pada kedua kelompok dilakukan pengukuran pengetahuan, baik pada fase sebelum maupun sesudah intervensi, menggunakan Google Form. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Pada kelompok perlakuan didapatkan nilai p = 0,000 yang bisa dimaknai bahwa ada perbedaan tingkat pengetahuan secara signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi. Pada kelompok kontrol didapatkan nilai p = 0,443 yang bisa dimaknai bahwa ada tidak perbedaan tingkat pengetahuan secara signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi. Pada uji perbandingan tingkat pengetahuan akhir antara kedua kelompok didapatkan nilai p = 0,000, yang bisa dimaknai bahwa ada perbedaan tingkat pengetahuan antara kedua kelompok, dengan tingkat yang lebih tinggi pada kelompok perlakuan. Sebagai kesimpulan, platform e-learning belajar kesga berhasil meningkatkan pengetahuan ibu balita mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga diharapkan penggunaan platform e-learning belajar kesga dapat digalakkan.Kata kunci: balita; pertumbuhan; perkembangan; platform e-learning; pengetahuan ibu  

Copyrights © 2024