Latar belakang: Mutu pelayanan IGD adalah sikap professional yang memberikan perasaan nyaman, terlindungi pada diri setiap pasien yang berkunjung ke IGD dan sedang menjalani proses penyembuhan dimana sikap ini merupakan kompensasi sebagai pemberi layanan dan diharapkan menimbulkan perasaan puas pada diri pasien dan keluarga. Baik buruknya mutu pelayanan tergantung kepada penyedia pelayanan atau pihak rumah sakit dalam memenuhi harapan pasiennya secara konsisten. Bila kinerja sama dengan harapan maka keluarga pasien akan puas, bila kinerja melebihi harapan, keluarga pasien akan senang atau bahagia, namun bila kinerja lebih rendah dari pada harapan, maka keluarga pasien akan merasa tidak puas. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan yang terdiri dari lima dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, serta bukti langsung dengan kepuasan keluarga pasien di IGD Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal. Metode: Desain penelitian ini adalah survey analitik menggunakan pendekatan Cross sectional study dengan jumlah sampel 80 responden. Metode pengumpulan sampel purposive sampling. Teknik analisa uji statistik yang dipilih adalah uji chi square crosstabs. Hasil: Diperoleh hasil mutu pelayanan IGD dalam kategori cukup, dan kepuasan pasien didominasi cukup puas. Ada hubungan yang signifikan dari mutu pelayanan IGD dengan kepuasan keluarga pasien di Rumah Sakit Umum Mitra Siaga Tegal diperoleh nilai p-value= 0.000 (<0.05.). Simpulan: Mutu pelayanan yang semakin baik akan meningkatkan kepuasan keluarga pasien. Kata kunci : IGD, Kepuasan, Mutu Pelayanan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023