KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 11, No 1 (2023): KOLOKIUM : Publisihing April 2023

The Effectiveness of Facebook Social Media With The Icare Model Based on Authentic Learning in Social Subjects in Middle Schools

Abna Hidayati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Permasalahan dalam mata pelajaran social saat ini tidak mengacu kepada situasi real atau nyata di lapangan, sehingga kurang bermakna bagi peserta didik. Sementara salah satu tujuan dalam mata pelajaran ini adalah peserta didik mampu mengaitkan topik materi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Tujuan penelitian adalah menemukan efektivitas media social facebook dengan model ICARE berbasis authentic. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasy experiment. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMP kelas VII sebanyak 232 orang dengan sampel dua kelas dengan jumlah siswa masing-masing 28 orang. Sampel diambil secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan terdapat efektivitas media social dengan model ICARE berbasis authentic pada mata pelajaran social di sekolah menengah. Hasil analisis menunjukkan uji t diperoleh thitung 3,234 sedangkan ttabel pada α 0,05 adalah 2,000. Jika dibandingkan, maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,234 > 2,000. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan media social facebook dengan menggunakan model ICARE berbasis authentic efektif untuk meningkatkan hasil belajar social siswa di sekolah menengah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kolokium-pls

Publisher

Subject

Education

Description

KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah was first published in April 2013 in printed and online form published since 30 April 2018 by Department of Non Formal Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Padang. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah equipped with ISSN (p): 2354-693X and ...