Penelitian ini mengkaji tentang kreativitas siswa dan penanaman jiwa berwirausaha siswa TK Al-Azhar Bukittinggi melalui kegiatan market day. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini mempergunakan metode kualitatif. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah studi literatur, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini akan dipandu oleh teori-teori nilai kreativitas dan kewirausahaan. Nilai kreativitas yang muncul dari kegiatan market day adalah sebagai berikut, memiliki rasa ingin tahu yang besar, sering mengajukan pertanyaan yang berbobot, memberikan banyak gagasan dan usulterhadap suatu masalah, mampu menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu, mempunyai atau menghargai rasa keindahan, mempunyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, memiliki rasa humor yang tinggi, mempunyai daya imajinasi yangkuat, dapat bekerja sendiri, dan mampu mengembangkan ataumerinci suatu gagasan (kemampuan elaborasi). Nilai kewirausahaan yang dapat dipupuk dengan kegiatan market day adalah sebagai berikut; mandiri, kreatif, berani mengambil risiko, kepemimpinan, kerja keras, jujur, disiplin, inovatif, tanggung jawab, kerja sama hubungan dengan orang lain dalam melaksanakan tindakan, dan pekerjaan
Copyrights © 2023