RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 1 (2023)

IMPLEMENTASI PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Zalfa Septika Anggraini (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Arief Cahyo Utomo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan punishment dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar; (2) mengetahui apa saja bentuk punishment dalam penelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar; dan (3) mengetahui dampak positif dan negatif dalam penerapan punishment pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini menggnakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tiga teknik yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian dilakukan pada guru dan siswa kelas V di SDN Bojong Rawalumbu XIII Kota Bekasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa metode punishment dalam pemebelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Bojong Rawalumbu XIII Kota Bekasi. Keberhasilan penggunaan metode punishment oleh guru dilakukan dengan cara menerapkan punishment dengan karakteristik mendidik dan membina, juga untuk menambahkan minat atau meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga dari pemberian punishmenttersebut siswa bias lebih menghargai guru dan memperhatikan pelajaran dengan baikĀ 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...