Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan punishment dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar; (2) mengetahui apa saja bentuk punishment dalam penelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar; dan (3) mengetahui dampak positif dan negatif dalam penerapan punishment pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini menggnakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tiga teknik yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian dilakukan pada guru dan siswa kelas V di SDN Bojong Rawalumbu XIII Kota Bekasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa metode punishment dalam pemebelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Bojong Rawalumbu XIII Kota Bekasi. Keberhasilan penggunaan metode punishment oleh guru dilakukan dengan cara menerapkan punishment dengan karakteristik mendidik dan membina, juga untuk menambahkan minat atau meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga dari pemberian punishmenttersebut siswa bias lebih menghargai guru dan memperhatikan pelajaran dengan baikĀ 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023