Di era globalisasi yang semakin berkembang, maka harus di imbangi dengan kualitas pendidikan. Faktor menunjang kualitas pendidikan adalah baiknya kompetensiyang dimiliki guru dan adanya fasilitas belajar yang memadai. Penelitian ini bermaksud untuk melihat pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMPS Imanuel Bojong Nangka. Metode yang dipilih adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data melalui kuisioner yang disebarkan secara online. Penelitian ini menghasilkan bahwa kompetensi guru dan fasilitas belajar belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Pengujian secara parsialmenghasilkan bahwa kompetensi guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPS Imanuel Bojong Nangka. Begitu juga fasilitas belajar siswa memiliki pengaruh yang terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPS Imanuel Bojong Nangka. Hasil uji F secara simultan membuktikan bahwa kompetensi guru dan fasilitas belajar siswa berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPS Imanuel Bojong Nangka. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai 0,324, bahwa variabel kompetensi guru dan fasilitas belajar menghasilkan persentese sumbangan sebesar 32,4% ke prestasi belajar siswa dan 67,6% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti di sini
Copyrights © 2023