Penggunaan BlackBerry tidak luput dari kerusakan atau masalah meskipun itu mungkin hanya kerusakan kecil, oleh karena itu BlackBerry harus dirawat dengan baik. Peranan seorang teknisi pun sangat dibutuhkan terutama bagi para pengguna atau Customer service yang tidak mengetahui penyebab-penyebab kerusakan dan cara memperbaiki disaat BlackBerry mengalami kerusakan. Customer service akan mengalami kesulitan jika ada pertanyaan dari client tentang kerusakan apa yang terjadi dan perkiraan biaya yang harus di keluarkan untuk melakukan perbaikan, sedangkan seorang teknisi tidak selalu berada di tempat. Â Tugas akhir ini akan dirancang suatu perangkan lunak yang dapat mendiagnosa kerusakan pada BlackBerry.1 Perangkat lunak ini akan menuntun user atau pemakai yang awam untuk mengidentifikasi kerusakan BlackBerry. Â Metode penelitian yang digunakan dalam sistem pakar adalah Research and Development (R&D) pada penelitian ini hanya sampai pada tahap ke 6 (enam) dan menghasilkan produk akhir berupa prototype, sehingga tidak sampai pada tahap implementasi produk. Keenam langkah tersebut adalah Research and information collecting, Planning, Develop prelminaryformof product, Preliminary field testing, Main product revision dan Main field testing. Â Metode Forward Chaining untuk melakukan proses diagnosa kerusakan yaitu dengan memasukan beberapa kriteria kerusakan. Aplikasi sistem pakar ini menggunkan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic dan database microsoft Access. Â Hasil penelitian berupa prototipe produk aplikasi yang telah diuji di lapangan dan di validasi oleh pakar serta dinyatakan memenuhi tujuan yang diharapkan. Â Kata Kunci : Sistem PakarBlackBerry, Forward chaining, Research and Development (R&D)
Copyrights © 2015