Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 7 No 1 (2023): April

PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI PROGRAM LINIER SISWA SMA

Hartati, Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model blended learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas SMA materi program linier. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi experiment dengan desain one group pre-test post-test design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri Bengkulu Tengah yang dipilih melalui teknik simple random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes menggunakan instrumen untuk mengukur pemahaman konsep matematis. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan infransial melalui uji paired t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model blended learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SMA materi program linier. Model blended learning terbukti efektif meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan kriteria cukup efektif yang ditunjukkan dari nilai N-Gain. Oleh karena itu, disarankan guru dapat mendesain pembelajaran dengan blended learning dimana siswa dapat belajar tatap muka dan online dalam menguatkan pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...