Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 5 No. 2 (2021)

PENGGUNAAN METODE INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN PENGKAJIAN APRESIASI PUISI KELAS A SEMESTER IV

Fian Mario Malo (STKIP WEETEBULA, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Artikel ini mengkaji penggunaan metode inquiri dalam pembelajaran pengkajian apresiasi puisi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2015, kelas A, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode inquiri dalam pembelajaran pengkajian apresiasi puisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan anatara lain pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil analisis dan pembahasan, metode inquiri dapat memberikan kontribusi serta pengaruh positif dalam mengembangkan serta meningkatkan kemampuan keterampilan yang mencakup ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif khususnya dalam memahami serta memiliki kompetensi dalam menemukan masalah sampai pada pemecahan masalah baik dalam pembelajaran Pengkajian Apresiasi Puisi di kelas maupun di lingkungan hidup sehari-hari.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...