SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development
Vol 4, No 1 (2022)

Penerimaan Diri pada Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama

Rizal, Alexandra Amanda (Unknown)
Arswimba, Bernardinus Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Topik yang dipilih dalam Jurnal ini dibahas setelah melihat berbagai hal yang penulis lihat dan dengar dari lingkungan di sekeliling subjek. Dari hasil perbincangan dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, maka peneliti memilki dugaan bahwa siswasiswi di sekolah tersebut memiliki masalah dalam hal Penerimaan Diri. Peneliti memilih menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif dan setelah dilakukan penelitian ternyata hasilnya ditemukan bahwa ada 25 siswa (36%) dengan tingkat penerimaan diri pada kategori sangat tinggi, 36 siswa (51%) pada kategori tinggi, 9 siswa (13%) pada kategori sedang, dan tidak ditemukan siswa pada kategori rendah dan sangat rendah. Dari hasil analisi capaian skor item Tingkat penerimaan diri pada siswa-siswi kelas VIII SMP Pangudiluhur Wedi Klaten teridentifikasi 16 item (33%) dengan capaian skor sangat tinggi, 26 item (54%) dengan skor tinggi, 6 item (13%) dengan skor sedang dan tidak ditemukan item dengan capaian skor rendah dan sangat rendah. Berdasarkan analisis capaian skor item Tingkat penerimaan diri tersebut diusulkan topik-topik bimbingan yaitu, (1) Diriku yang berharga, (2) Aku menjadi lebih baik karena kritik, (3) Focus on the Goal, (4) All control is on me, (5) Me and my strengths. (6) Diriku yang apa adanya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

solution

Publisher

Subject

Education

Description

SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development adalah jurnal ilmiah akses-terbuka peer-review yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Jurnal ini terbit pertama kalai pada Juni 2019. Jurnal ini ...