JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 8, No 1 (2023): JPGI

Upaya peningkatan hasil belajar IPA materi ciri-ciri khusus makhluk hidup hewan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VII

Handayani, Silvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subyek penelitian adalah siswa kelas VII  UPT. SMPN 1 Painan  yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 6 laki-laki dan 10 perempuan.  Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian,peneliti menyimpulkan bahwa metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelasVI materi ciri-ciri khusus makhluk hidup hewan di UPT. SMPN 1 Painan  Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Peningkatan nilai rata-rata kelas naik dari 65 (prasiklus) menjadi 85 dan PTK inidianggapberhasil. Kepada semua guru di UPT. SMPN 1 Painan  dalam usaha meningkatkan pemahaman belajar siswa dapat menggunakan metode jigsaw dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning dalam proses belajar mengajar. @font-face

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...