Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknikmenulis ekspresif untuk mereduksi kejenuhan belajar (burnout) pada remaja. Dalampenelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif danmenggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah remajausia 12-24 tahun di Desa Mangunsari, Sawangan. Subjek penelitian ini diambilberdasarkan hasil pra penelitian observasi dan wawancara maka pengambilan sampelmenggunakan purposive sampling dengan pengumpulan data menggunakan angketkejenuhan belajar (burnout) yang akan diambil 5 remaja. Penelitian ini menggunakandesain One GroupPretest dan Posttest, desain tersebut menggunakan satu kelompoksubjek dengan satu macam perlakuan, yaitu kelompok eksperimen. Teknik analisismenggunakan parametrik paired sample t-test.Hasil penelitian ini menunjukan bahwakonseling kelompok dengan teknik menulis ekspresif efektiv terhadap penurunankejenuhan belajar (burnout) pada remaja, hal ini dibuktikan dari hasil uji paired sample ttestdengan probabilitas nilai sig. (2-tailed)0,003<0,05. Serta dengan adanya perbedaanskor rata-rata angket kejenuhan belajar 28,003% dari hasil pretest dan posttest. Kata kunci: Konseling Kelompok, Menulis Ekspresif, Kejenuhan Belajar (Burnout)
Copyrights © 2021