Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan keefektifan bimbingan kelompok denganteknik Modeling dalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik SMK MuhammadiyahSalatiga, 2) menjelaskan keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Asertif Trainingdalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik SMK Muhammadiyah Salatiga, 3)menjelaskan perbedaan keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling danteknik Asertif Training dalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik SMKMuhammadiyah Salatiga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalampenelitian ini adalah peserta didik SMK Muhammadiyah Salatiga yang berjumlah 76orang, dengan sampel sebanyak 28 orang. Teknik analisa data dengan menggunakanPaired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bimbingan kelompokteknik Modeling efektif meningkatkan kesiapan kerja peserta didik dengan selisih rataratasebesar 94,57 dan nilai thitung 58,886 dengan p = 0,000. 2) bimbingan kelompokteknik Asertif Training efektif meningkatkan kesiapan kerja peserta didik dengan selisihrata-rata sebesar 90,28 dan nilai thitung 54,534 dengan p = 0,000. 3) terdapat perbedaantingkat keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling dan teknik AsertifTraining dalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik.Kata Kunci: Kesiapan Karir, Teknik Modeling, dan Teknik Asertif Training.
Copyrights © 2021