Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL BINAGOGIK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 064981 MEDAN

Amir Danis (STKIP Pangeran Antasari)
Siti Rahmadhani Siregar (STKIP Pangeran Antasari)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2022

Abstract

Pendidikan diharapkan tidak hanya mendidik siswa agar menjadi manusia yang cerdas, akan tetapi pendidikan juga dapat membentuk siswa menjadi manusia yang berakhlak mulia. Oleh karena itu, pemerintah terus berusaha agar pendidikan benar-benar menjadi kunci dalam pembentukan karakter bangsa (character building). Sejauh ini, penerapan model pembelajaran di sekolah terus diterapkan dalam upaya melihat kesesuaian dengan pengembangan pendidikan karakter dan hasil belajar yang di diharapkan dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, upaya yang dilakukan adalah melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pendidikan karakter dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pendidikan karakter siswa (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa SDN 064981 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah quasi experimental dan populasinya adalah siswa kelas V SDN 064981 Medan. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji ANOVA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...