Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023

PENINGKATAN AKTIVITAS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL CIRC PADA TEMA PENGALAMAN DI SEKOLAH DASAR

Mila Roysa dan Sumaji (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktvitas kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan model CIRC pada tema pengalaman di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancanagan penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian meliputi (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) tindakan penelitian; dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD 1 Soco. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan model CIRC dalam meningkatkan aktivitas kemampuan membaca pemahaman tentang isi bacaan pada siklus I sebesar 80,42% menjadi 83,61% pada siklus II dalam kategori baik. Dari hasil penemuan menyimpulkan bahwa aktivitas kemampuan membaca pemahaman menggunakan model CIRC mengalami peningkatan dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sasando

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal kemudian dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Pancasakti Tegal. Jurnal ini memuat ragam artikel ilmiah yang ...