Strategi sorogan merupakan salah satu teknik konvensional dalam pembelajaran kitab kuning yang sampai sekarang masih diterapkan, khususnya di sekolah- sekolah pengalaman hidup Islam. Teknik sorogan dipandang sebagai strategi yang sangat ampuh, karena penggunaan teknik sorogan bergantung pada sasaran utama, khususnya ketepatan dalam membaca, menemukan kepuasan, dan memiliki pilihan untuk mengungkap substansi membaca. Budaya sekolah pengalaman hidup Islami dalam strategi sorogan ini menitikberatkan pada adanya keamanan yang dekat dengan rumah dan pengawasan yang terkonsentrasi di antara para pendidik dan siswa. Eksplorasi ini merupakan penelitian lapangan. Teknik yang digunakan adalah strategi persepsi, dokumentasi dan pertemuan. Untuk sementara, untuk pemeriksaan informasi, pencipta menggunakan metodologi subjektif. Dilihat dari hasil pemeriksaan informasi dalam percakapan postulat ini, cenderung terlihat bahwa strategi sorogan merupakan salah satu unsur yang memegang peranan penting dalam kemajuan kemampuan membaca kitab kuning. Akhir dari ulasan ini adalah “Keberlangsungan strategi sorogan untuk menggarap kapasitas membaca kitab kuning santri Pondok Pesantren Sirojus Syuhada sangat berhasil”.
Copyrights © 2022