Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk wacana persuasif dalam takarir unggahan akun Instagram resmi Nadiem Makarim @nadiemmakarim. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah takarir unggahan akun Instagram resmi Nadiem Makarim @nadiemmakarim dalam durasi waktu satu bulan mulai 16 September s.d. 16 Oktober tahun 2022. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Teknik dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis deskriptif interaktif. Teknik ini memiliki 4 komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 wacana persuasif yang dilihat dari sudut panjang tujuannya. Memberikan informasi (to inform) sebanyak 6 data, menimbulkan inspirasi (to inspire) sebanyak 6 data, meyakinkan (to convise) sebanyak 5 data, menghibur atau menyenangkan (to entertain) sebanyak 3 data, dan menggerakkan atau mengarahkan (to ectuate) sebanyak 8 data.
Copyrights © 2023