ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas perhatian orang tua terhadap hasil belajar anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain peneltian ex post facto yang menggunakan pendekatan regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek penelitian dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Teknik validitas dan reabilitas yang digunakan adalah uji validitas yang menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan teknik Spearman Brown. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis data (uji normalitas dan uji linearitas), serta regresi linier sederhana. Adapun hasil dari penelitian ini dengan menguji hipotesis menggunakan regresi sederhana dengan variabel X (kualitas perhatian orang tua) dan Y (hasil belajar), berdasarkan perhitungan uji statistik regresi sederhana hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, (Ho) ditolak, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kualitas perhatian orang tua terhadap hasil belajar anak usia dini. Penulis menyarankan jika ingin meningkatkan hasil belajar anak usia dini maka kualitas perhatian orang tua harus diperbaiki.Kata kunci : Kualitas, Perhatian Orang tua, Hasil Belajar. ABSTRACT: This study aims to determine the effect of the quality of parental attention on children's learning outcomes. This type of research is quantitative research with an ex post facto research design that uses a simple linear regression approach. Data collection techniques in this study were primary data, namely data obtained directly from the object of research by observing, documenting, and distributing questionnaires. The validity and reliability techniques used are the validity test using the Product Moment formula and the reliability test using the Spearman Brown technique. Data analysis techniques used data analysis prerequisite tests (tests for normality and linearity tests), as well as simple linear regression. As for the results of this study by testing the hypothesis using simple regression with the variables X (quality of parental attention) and Y (learning outcomes), based on simple regression statistical test calculations the working hypothesis (Ha) in this study is accepted, (Ho) is rejected, so it is concluded that there is an influence on the quality of parental attention to children's learning outcomes. Researchers suggest that if you want to improve children's learning outcomes, the quality of parental attention must be improved.Keywords: Quality, Parental Attention, Learning Outcomes.
Copyrights © 2022