Model blended learning merupakan solusi pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan sumber belajar online yang memadukan berbagai metode dan strategi pengajaran dengan memanfaatkan teknologi virtual. Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui pengaruh model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui besar pengaruh model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar. Sampel data diambil dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Cara pengumpulan data menggunakan metode pemberian tes. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Teknik analisis data kuantitatif melalui uji statistik. Kesimpulan hasil penelitian adalah, (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar kelas XI IPS 1 SMA N 1 Sulang (2) besar pengaruh model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar kelas XI IPS 1 yaitu terdapat peningkatan gain secara klasikal mencapai 0,5 dengan kategori “sedang”.
Copyrights © 2023