Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023

PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI ALJABAR




Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Model blended learning merupakan solusi  pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan sumber belajar online yang memadukan berbagai metode dan strategi pengajaran dengan memanfaatkan teknologi virtual. Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui pengaruh model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui besar pengaruh model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar. Sampel data diambil dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Cara pengumpulan data menggunakan metode pemberian tes. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Teknik analisis data kuantitatif melalui uji statistik. Kesimpulan hasil penelitian adalah, (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar kelas XI IPS 1 SMA N 1 Sulang (2) besar pengaruh model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar kelas XI IPS 1 yaitu terdapat peningkatan gain secara klasikal mencapai 0,5 dengan kategori “sedang”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...