Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDEMONSTRASIKAN KETERAMPILAN TATA RIAS




Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran audio visual bagi peningkatan kemampuan mendemonstrasikan keterampilan tata rias fantasi serta menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media audio visual mata kuliah tata rias fantasi Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menerapkan metode Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian yaitu mahasiswa semester 5 program studi pendidikan tata kecantikan yang berjumlah 30 mahasiswa. Analisis penelitian ini adalah media audio visual makeup karakter luka. Instrumen yang digunakan peneliti adalah pedoman wawancara, angket kepraktisan media dan angket untuk mengukur tingkat kelayakan media. Uji validitas menggunakan uji validitas isi melalui pendapat ahli dan reliabilitas angket menggunakan rumus KR20. Pengambilan data menggunakan one group pretest posttest design yang kemudian dianalisa uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji kelayakan, uji kepraktisan, dan uji efektivitas media audio visual untuk meningkatkan kemampuan mendemonstrasikan keterampilan tata rias fantasi yang dikembangkan, menurut tanggapan ahli media dan ahli materi sangat layak, tanggapan dosen dan mahasiswa sebagai tanggapan pengguna, kepraktisan media memperoleh kriteria penilaian sangat praktis, dari uji efektifitas pada kelas experimen, media memperoleh kriteria cukup efektif dan signifikan untuk meningkatkan kemampuan mendemontrasikan keterampilan tata rias fantasi Program Studi Pendidikan Kecantikan  Universitas Negeri Semarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...