Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023

PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN DESAIN BUSANA BERBANTUAN SOFTWARE APLIKASI ILUSTRATOR




Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan e-modul pembelajaran desain busana berbantuan software aplikasi illustrator pada siswa kelas XI Tata Busana (TB) di SMK Negeri 3 Kudus untuk meningkatkan hasil belajar. Desain metode penelitian ini menggunakan pengembangan R and D yang dipilih adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian terhadap media e-modul pembelajaran Desain Busana yang sesuai, berbantuan software aplikasi illustrator pada prodi TB; dan instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 3 Kudus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kategorial untuk (1) menentukan tingkat kelayakan media e-modul pembelajaran Desain yang interaktif; (2) kategorial Guttman untuk menentukan tingkat kepraktisan terhadap e-modul pembelajaran Desain Busana yang interaktif, yaitu menggunakan koefisien Kr dan Ks; dan (3) N-Gain dan uji beda N-Gain menggunakan uji t, untuk menentukan kefektifan media e-modul pembelajaran Desain yang interaktif untuk meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan uji kelayakan dan uji efektifitas media e-modul pembelajaran Desain Busana yang dikembangkan, menurut tanggapan-tanggapan yang diberikan oleh ahli media dan ahli materi yaitu guru senior dan akademisi (dosen), memperoleh kriteria tanggapan sangat layak, dari uji kepraktisan memperoleh kriteria sangat praktis, dan dari uji efektifitas pada kelas eksperimen, memperoleh kriteria cukup efektif dan signifikan digunakan oleh siswa untuk meningkatkan komhasil belajar siswa prodi TB 1 dan TB 3 di SMK N 3 Kudus.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...