Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran awal secara konvensional, rendahnya nilai hasil belajar pemecahan masalah, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat pasif, sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan melakukan penelItian tindakan kelas. Tujuan penelitian adalah mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan model creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini dilakukan dikelas IXA yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini mengukur hasil belajar kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil belajar dilakukan tes soal pemecahan masalah dan aktivitas siswa didapat dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Kemampuan guru mengelola kelas sangat baik, respon siswa positif. Kemampuan pemecahan masalah meningkat dari rata-rata 68 menjadi 77 atau meningkat 13,22%, sedangkan ketuntasan klasikal meningkat dari 45% menjadi 90%, adanya pengaruh positif aktivitas belajar siswa yaitu meningkat dari 7,5% menjadi 65% atau meningkat sebesar 57,5%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IXA dalam materi bangun ruang sisi lengkung semester genap tahun pelajaran 2022/2023.
Copyrights © 2023