Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023

PENERAPAN PEMBELAJARAN CPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI AJAR BANGUN RUANG




Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran awal secara konvensional, rendahnya nilai hasil belajar pemecahan masalah, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat pasif, sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan melakukan penelItian tindakan kelas. Tujuan penelitian adalah mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan model creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini dilakukan dikelas IXA yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini mengukur hasil belajar kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil belajar dilakukan tes soal pemecahan masalah dan aktivitas siswa didapat dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Kemampuan guru mengelola kelas sangat baik,  respon siswa positif. Kemampuan pemecahan masalah meningkat dari rata-rata 68 menjadi 77 atau meningkat 13,22%, sedangkan ketuntasan klasikal meningkat dari 45% menjadi 90%, adanya pengaruh positif aktivitas belajar siswa yaitu meningkat dari 7,5% menjadi 65% atau meningkat sebesar 57,5%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IXA dalam materi bangun ruang sisi lengkung semester genap tahun pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...