Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi penguatan nilai – nilai karakter Kepala Sekolah Dabin I Korwil Biddik Reban melalui supervisi dan workshop. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam 2 siklus. Lokasi penelitian adalah SDN se-Dabin I Kecamatan Reban Kabupaten Batang dengan subjeknya adalah kepala sekolah yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan motivasi dan kemampuan kepala sekolah dalam pengembangan sekolah berkarakter di sekolah. Nilai rata-rata tingkat motivasi guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada kondisi awal 31,85, siklus I naik menjadi 62,72, dan pada akhir siklus II menjadi 68,64, serta indikator kinerja 70,00 sudah tercapai. Rata-rata tingkat kemampuan kepala sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter pada kondisi awal 24,44 naik menjadi 57,61 pada siklus I, dan pada akhir siklus II naik menjadi 64, dan indikator kinerja sudah tercapai.
Copyrights © 2023