Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif materi invertebrata kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sulang di masa pandemi covid-19 serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Penerapan model pembelajaran discovery learning secara daring bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam meluaskan kemampuan berpikir kritis untuk memperoleh pengalaman dan menemukan konsep melalui penemuan informasi dengan serangkaian kegiatan ilmiah yang difasilitasi dan dipandu melalui berbagai platform digital. Penelitian ini merupakan quasy eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada kelas eksperimen 19 % lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji independent samples test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model discovery learning dan yang tidak menerapkan pada pembelajaran daring. Hasil dari uji paired sample test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05, maka Ho ditolak, Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penerapan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar kelas eksperimen dan dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru dalam pembelajaran jarak jauh.
Copyrights © 2023