Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI AJAR INVERTEBRATA DI MASA PANDEMI COVID-19




Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif materi invertebrata kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sulang di masa pandemi covid-19 serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Penerapan model pembelajaran discovery learning secara daring bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam meluaskan kemampuan berpikir kritis untuk memperoleh pengalaman dan menemukan konsep melalui penemuan informasi dengan serangkaian kegiatan ilmiah yang difasilitasi dan dipandu melalui berbagai platform digital. Penelitian ini merupakan quasy eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada kelas eksperimen 19 % lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji independent samples test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model discovery learning dan yang tidak menerapkan pada pembelajaran daring. Hasil dari uji paired sample test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05, maka Ho ditolak, Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penerapan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar kelas eksperimen dan dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru dalam pembelajaran jarak jauh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...