Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa karena kurangnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Dengan menerapkan etnomatematika, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar matematika menjadi lebih maksimal. Keterkaitan antara Matematika dengan kehidupan sehari hari digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga siswa dapat dengan mudah menemukan adanya matematika pada kehidupan nyata. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada Masjid Jamik Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model 4D. Hasil penelitian menujukkan lembar kerja peserta didik yang sudah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dengan persentase 82,02% dengan ketegori baik, dan efektif dengan 25 siswa memenuhi kriteria tuntas dan jumlah keseluruhan siswa yang telah tuntas lebih dari  sehingga dapat dikategorikan dalam tuntas secara klasikal. Selain itu, Persentase hasil angket siswa yang memilih pilihan setuju dan sangat setuju sebanyak lebih dari 75% pada setiap indikator, maka lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika di Masjid Jamik Sumenep mendapatkan respon positif.
Copyrights © 2023