Latar belakang: Pola Hidup Bersih dan Sehat di sekolah merupakan kegiatan memperdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah untuk melakukan pola hidup sehat menciptakan sekolah sehat meliputi mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, mengonsumsi jajanan sehat, menggunakan jamban bersih dan sehat, olahraga teratur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok, membuang sampah pada tempatnya dan melakukan kerja bakti bersama warga lingkungan sekolah untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Tujuan: untuk mengidentifikasi Program PHBS yang disekolah tersebut, dimana Program PHBS sebagai bagian dari UKS merupakan salah satu program yang sudah berjalan cukup lama di sekolah ini. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil: Program PHBS ini sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan sudah berjalannya 6 indikator dari 8 indikator PHBS pada tatanan sekolah. Namun dari program ini masih memiliki hambatan. Hambatan dari program ini adalah kurangnya rasa peduli terhadap kebersihan dan cinta akan kesehatan diri sendiri. Diskusi: Pihak sekolah harus semakin meningkatkan kinerja dalam pemenuhan indikator PHBS pada tatanan sekolah. Salah satunya yaitu indikator pemberantasan jentik nyamuk. Serta peningkatan pengembangan SDM yaitu para guru, staf ataupun masyarakat sekolah yang dapat memberikan edikasi kepada para siswa/siswi
Copyrights © 2023