Abstrak: Untuk mencapai kualitas pembelajaran yang baik, maka keterampilan dan pengetahuan guru dalam proses pembelajaran sangat penting dan harus selalu ditingkatkan. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu keterampilan merencanakan pembelajaran, pelaksananaan dan cara mengevaluasi yang baik dan benar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (63%), siklus II (72%), siklus IR (88%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar aktif model memberikan pertanyaan mendapatkan jawaban dapat meningkatkan motivasi belajar Siswa Kelas V SD Negeri Woromarto II Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2009/2010, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.   Kata Kunci: Connecting, Organizing, Reflecting, Extending, IPA.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015