JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL TENTARA (TENTANG TATA SURYA) PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SD KELAS VI MATERI TATA SURYA

Rizki Akhmad Luthfi (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Sutrisno Sahari (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Dhian Dwi Nur Wenda (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Berdasarkan hasil observasi bahwa pembelajaran guru belum menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dan mudah bosan sehingga siswa kurang memahami konsep materi tata surya jadi hasil belajar siswa rata-rata masih dibawah KKM 70, hanya 10% siswa yang tuntas dari seluruh siswa. Penelitian ini menggunakan dan pengembangan (R&D) yang memiliki tujuan menghasilkan produk dan menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk yaitu berupa media visual Tentara (Tentang Tata Surya). Tahapan penelitian ini mengacu pada model desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dari penelitian ini menyimpulkan hasil pengembangan media visual Tentara menggunakan data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan mendapatkan hasil sebagai berikut, (1) Media Tentara inyatakan valid, dengan presentase validitas gabungan rata-rata 85% yang termasuk kriteria kevalidan yang valid boleh digunakan setelah revisi kecil, (2) kepraktisan media Tentara dinyatakan praktis berdasarkan angket dari respon guru dengan rata-rata 97.5% dan angket respon siswa rata-rata 95,2% yang termasuk kriteria yang sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi. (3) keefektifan media Tentara dinyatakan efektif berdasarkan posttest memperoleh rata-rata 84,9% yang menyatakan bahwa media Tentara yang dikembangkan sudah efektif berdasarkan hasil nilai di atas KKM yang telah di tentukan yaitu 70%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...