JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TANAMAN FALOAK (Sterculia Quadrifida R.Br) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR OEBA 3 KOTA KUPANG

Norazilawati Abdullah (Universiti Pendidikan Sultan Idris, Tanjong Malim, Perak, Malaysia)
Uslan (Universiti Pendidikan Sultan Idris, Tanjong Malim, Perak, Malaysia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah dasar dengan penedekatan kearifan lokal tanaman faloak (Sterculia quadrifida R.Br). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) terhadap siswa dalam suatu kelas. Kegiatan pengolahan data dan analisis statistik yang dilakukan dengan bantuan program SPSS. Dalam penelitian ini menggunakan analisis varian multivariat yang diterjemahkan dari multivariate analsis of variance (MANOVA) satu jalur. Hasil menunjukkan sebagian besar skor siswa pada prettes cenderung rendah. rata-rata skor yang diperoleh pada prettest rata-rata 73,84, nilai tengah (median) 74,00, serta frekuensi kelompok (Modus) sebesar 75,00, nilai 5,909 adalah standar deviasi dan Varians 16,889. Rata-rata siswa kelas posttest berkisar antara rata-rata 81,00, nilai tengah 81,00, serta frekuensi kelompok (modus) sebesar 82,00. Nilai 5,909 adalah standar deviasi dan 34.918 adalah Varians. Hal ini menujukkan hasil posttest kelas literasi sains berada pada kategori sangat tinggi/sangat besar dibandingkan kelas pretest.sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berasaskan kearifan mampu meningkatkan literasi sains pada siswa sekolah dasar Oeba 3 Kota Kupang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...