Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 6 No. 1 (2023): JPPSI, April 2023

Pengaruh Media Interaktif Quizizz terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas VIII SMPN 19 Surabaya

Nur Laily Sa'adatus Abadiyah Al-Khotim (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Alfiatur Rohmah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Febrianti Galuh Kirana Putri (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Aisyatul Auliyah Febriyanti (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Tatik Indayanti (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Muhammad Rifa (SMP Negeri 19 Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media interaktif quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII di SMPN 19 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain penelitian posttest only control group design . Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Surabaya. Jumlah populasi kelas VIII di SMP Negeri 19 Surabaya terdiri dari sembilan rombongan belajar dari kelas VIII A hingga kelas VIII I dengan total 302 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII D dengan jumlah 33 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil hasil belajar peserta didik berupa soal tes tulis yang berjumlah 15 butir soal terdiri dari 10 butir tes pilihan ganda dan 5 butir tes uraian. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan uji independent t-test. Hasilnya pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung (2,344) lebih besar dari nilai ttabel (2,000) sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan media interaktif quizizz dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media interaktif quizizz. Dalam kata lain ada pengaruh signifikan penggunaan media interaktif quiziz terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII khususnya materi struktur dan fungsi Jaringan Tumbuhan SMPN 19 Surabaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...