Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 6 No. 1 (2023): JPPSI, April 2023

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Discovery Learning Berbantuan Virtual Chemistry Laboratory

Paulina Hendrajanti (Universitas Sarjanawiyata Yogyakarta)
Siti Rochmiyati (Universitas Sarjanawiyata Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 4 Yogyakarta melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Virtual Chemistry Laboratory untuk materi Titrasi Asam Basa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Yogyakarta di tahun 2021 dengan permasalahan keterampilan berpikir kritis siswa rendah. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pada siklus I diperoleh persentase siswa yang mempunyai keterampilan berpikir kritis dengan kategori tinggi sebanyak 83,33%, kategori sedang 13,86%, dan kategori rendah 2,78%, (2) Pada siklus II diperoleh persentase siswa yang mempunyai keterampilan berpikir kritis dengan kategori tinggi sebanyak 94,44%, kategori sedang 5,56%, dan kategori rendah 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 4 Yogyakarta pada materi Titrasi Asam Basa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Virtual Chemistry Laboratory.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...