Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 1 (2023): January-March

Respon Siswa SD Terhadap Modul Digital Materi Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal

Khansa Rofifah Salsabila (Universitas Muria Kudus)
Nur Fajrie (Universitas Muria Kudus)
Diana Ermawati (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Kecanggihan teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa sekolah dasar. Penggunaan modul digital yang diintegrasikan dengan kearifan lokal sebagai media pembelajaran yang inovatif diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran menjadi lebih berkualitas. Tujuan penelitian ini menganalisis respon siswa terhadap modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal di SDN Ngepon 1 Tuban. Metode penelitian yang digunakan menerapkan metode campuran (mixed methods) dengan model varian sequential explanatory. Data yang digunakan berupa analisis angket respon siswa dan diperkuat dengan wawancara. Sampel penelitian menggunakan 5 orang siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban dengan uji coba skala terbatas. Hasil angket respon siswa terhadap modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal Tuban memperoleh skor sebesar 91% dan dikategorikan sangat positif. Modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal Tuban mendapat tanggapan sangat menarik bagi siswa untuk digunakan dalam pembelajaran, memiliki penyajian materi yang sangat jelas dan mudah dipahami, serta dapat memudahkan siswa dalam menulis teks nonfiksi secara mandiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...