Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan
meningkatkan kualitas hasil menulis teks berita berwawasan multikultural dengan penerapan metode Inkuiri
pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Tumbrasanom. Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas.
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII A SMP PGRI Tumbrasanom. Data berupa RPP, foto, hasil
tes, catatan lapangan, daftar nilai, dan catatan hasil wawancara. Sumber data meliputi informan, tempat dan
proses pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Inkuiri mampu meningkatkan kualitas proses
pembelajaran menulis teks berita berwawasan multikultural ditandai meningkatnya perhatian, keaktifan
pembelajaran oleh siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Inkuiri dapat
meningkatkan kualitas hasil menulis teks berita berwawasan multikultural pada siswa kelas VIII A SMP PGRI
Tumbrasanom. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilakukan selama tiga siklus. Pada pratindakan
jumlah siswa yang tuntas 7 siswa (32%). Pada siklus I siswa tuntas meningkat menjadi 10 siswa (45%). Siklus
II ada 13 siswa (59%) yang sudah tuntas. Pada siklus III siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa (82%).
Kata kunci: inkuiri, menulis teks berita, multikultural
Copyrights © 2015