Kiat Bisnis
Vol 5, No 4 (2014): KIAT BISNIS VOL 5 NO 4 Juni 2014

PENGARUH EFEKTIVITAS PENANGGULANGAN KENDALA-KENDALA PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KLATEN IKK KARANGANOM

Haris, Abdul (Unknown)
., Warjanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penanggulangan kendala-kendala pemasaran terhadap loyalitas pelanggan PDAM Kabupaten Klaten IKK Karanganom.Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah  metode deskriptif. Metode untuk mengumpulkan data dengan angket, interview dan observasi. Dalam penelitian ini diambil 50 orang pelanggan PDAM Klaten IKK Karanganom sebagai sampel. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas (X) yaitu evektifitas penanggulangan kendala-kendala pemasaran dan variabel terikat  (Y)  yaitu  loyalitas  pelanggan.  Teknik  analisis  data  dengan  analisis  korelasi  Product Moment. Dari hasil analisis pembuktian hipotesis dengan uji t diperoleh  Nilai t hitung 4,88 yang lebih besar dari t tabel 2,021 maka hipotesis altenatif diterima (HA  ≠ 0) dan Ho = o ditolak pada taraf signifikansi 0,05, kesimpulannya hipotesis dapat diterima atau terbukti bahwa ada pengaruh antara efektivitas penanggulangan kendala-kendala pemasaran terhadap loyalitas pelanggan PDAM Kabupaten Klaten IKK Karanganom.   Keywords : efektivitas penanggulangan kendala pemasaran, loyalitas kerja

Copyrights © 2014