Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui efektivitas pembayaran rekening PDAM Klaten  . Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode deskriptif. Metode untuk mengumpulkan  data  dengan  wawancara,  observasi  dan  angket.  Sampel  sebanyak  50  orang pelanggan PDAM Klaten. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda.Melalui hasil analisis dari varibel lokasi (X1), sosialisasi (X2), dan pelayanan (X3) terhadap efektivitas pembayaran rekening PDAM melalui pos pembantu maka didapatkan persamaan regresi linear sebagai berikut : Y = 0,522 X1 + 0,099 X2 + 0,263 X3, yang artinya : 1) Nilai 0,522 pada variabel lokasi  (X1) adalah bernilai positif, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi atau semakin baik lokasi pos pembantu PDAM Klaten maka semakin efektif pula pembayaran rekening PDAM melalui pos pembantu, 2) Nilai 0,099 pada variabel sosialisasi (X2) adalah bernilai positif, dapat dikatakan  bahwa  semakin  tinggi  atau  semakin  baik  sosialisasi  mengenai pos  pembantu  yang diberikan PDAM Klaten maka semakin efektif  pula pembayaran rekening PDAM melalui pos pembantu,  3) Nilai 0,263 pada variabel pelayanan (X3)  bernilai positif maka dapat dikatakan semakin baik pelayanan yang diberikan oleh pos pembantu PDAM Klaten maka semakin efektif pula pembayaran rekening PDAM melalui pos pembantu. Keywords : lokasi, sosialisasi, pelayanan, efektivitas
Copyrights © 2014