Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan pengembangan pembelajaran metode diskusi tipe BABBLE GROUP dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan pada siswa kelas XI OTP 2 Negeri 1 jombang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research) dengan desain penelitian berdasarkan pedoman penelitian pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan di kelas XI OTP 2 SMK NEGERI 1 JOMBANG sebanyak 34 siswa. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti antara lain: Metode pembelajaran diskusi tipe BABBLE GROUP (X1) Hasil belajar (X2). Kegiatan analisa data meliputi tahapan: observasi awal, perencanaan pengembangan, pelaksanaan pengembangan, observasi respon minat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra eksperimen dari 34 siswa Kelas XI OTP 2, diketahui siswa yang tuntas belajar sebanyak 21 siswa (63,9%), sehingga siswa dinyatakan belum mampu mencapai ketuntasan belajar kelas. Pada tahap Siklus 1 yang tuntas belajar meningkat menjadi sebanyak 30 siswa (72,9 %) yang belum tuntas 6 siswa (16,7%). Pada tahap Siklus 2 sebanyak 34 siswa (78,6%), yang tuntas belajar, sehingga telah mencapai standar ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil rekap jawaban kuesioner tentang minat siswa terhadap pengembangan pembelajaran, diketahui bahwa sebagian besar siswa memiliki minat yang positif terhadap pengembangan pembelajaran. Keywords: Pemberian Tugas, Tugas Diskusi Kelompok
Copyrights © 2022