Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

ANALISIS KINERJA PERSIMPANGAN TAK BERSINYAL (STUDI KASUS: PERSIMPANGAN PUJASERA PADA JAKAN HAYAM WURUK – JALAN MUARA DAN JALAN SAMUDERA – JALAN NIPAH)

Oktaviani Oktaviani (Unknown)
Anggi Yusuf Batista (Teknik Sipil)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Persimpangan adalah bagian dari simpul dalam suatu jaringan transportasi, yang merupakan pertemuan dua atau lebih ruas jalan dan arus lalu lintas yang akan mengalami konflik. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengaturan pada persimpangan. Salah satu simpang yang sering mengalami konflik adalah Simpang Pujasera, dimana konfik yang terjadi berupa kemacetan pada jam sibuk dan lokasinya yang terletak di daerah wisata. Perlu dilakukan analisis kinerja pada simpang tersebut yang merupakan simpang tak bersinyal untuk menemukan solusi dalam mengatasi konflik yang terjadi. Dari data geometrik jalan, volume lalu lintas, dan waktu tempuh kendaraan dengan menggunakan metode MKJI 1997 dianalisis kinerja persimpangan tersebut. Berdasarkan pengolahan data oleh volume lalu lintas tertinggi 5043 kend/jam, kapasitas (C) 5220,50 smp/jam, derajat Kejenuhan (DS) 0,70, dengan tingkat pelayanan (LOS) adalah B. Dinilai kinerja Simpang Pujasera dengan pengaturan simpang tak bersinyal masih dalam kondisi arus stabil karena DS = 0,70 < 0,75, namun karena tidak disiplin pengguna lalu lintas maka terjadi konflik kemacetan. Agar mengurangi konflik kemacetan diberikan alternatif pengaturan simpang dengan menggunakan lampu lalu lintas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...