Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 2, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENERAPAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LAJU REAKSI

Sri Witriana (Sekolah Menengah Atas Negeri 1 SAMPIT)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi dengan menerapkan pendekatan STEAM dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas belajar yang dimaksud adalah kemampuan peserta didik dalam merancang suatu prosedur, keaktifan bertanya, menanggapi materi yang disampaikan dalam pembelajaran, mengajukan dan menanggapi hal-hal yang masih belum dimengerti dengan diskusi tanya jawab baik di dalam kelompok atau antar kelompok yang lain. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA D SMAN 1 Sampit Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 18 peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan STEAM berbasis TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi di akhir pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas belajar peserta didik ditunjukan dengan persentase 67%  dan hasil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan sebesar 72% . Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar yaitu ditunjukan dengan persentase 78% dan hasil belajar  yang memenuhi kriteria ketuntasan sebesar 83%. Sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan aktivitas belajar yang ditunjukan dengan persentase 94% dan hasil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan mencapai 100%.  Hasil pelaksanaan tindakan menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan STEAM dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...