Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa Di Kelas Rendah

Indra Zamrud (Unknown)
Darmiany (Unknown)
Lalu Hamdian Affandi (Unknown)
Moh. Irawan Zain (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangankan keterampilan berbahasa Indonesia siswa di kelas rendah SDN So Loka Kabupatem Bima tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Subjek penelitian adalah guru di kelas rendah, yaitu guru kelas 1, 2, 3 dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut (1) keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas rendah di SDN So Loka, Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima masih rendah, baik keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis masih kurang; (2) Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berbahasa, baik sebagai motivator, fasilitator, dan sebagai pembimbing masih kurang, dan belum menerapkan model-model mengembangkan pembelajaran yang dapat mendorong siswa berlatih keterempilam berbahasa; (3) sarana dan prasarana di SDN So Loka masih kurang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...