Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangankan keterampilan berbahasa Indonesia siswa di kelas rendah SDN So Loka Kabupatem Bima tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Subjek penelitian adalah guru di kelas rendah, yaitu guru kelas 1, 2, 3 dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut (1) keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas rendah di SDN So Loka, Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima masih rendah, baik keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis masih kurang; (2) Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berbahasa, baik sebagai motivator, fasilitator, dan sebagai pembimbing masih kurang, dan belum menerapkan model-model mengembangkan pembelajaran yang dapat mendorong siswa berlatih keterempilam berbahasa; (3) sarana dan prasarana di SDN So Loka masih kurang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023