Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 5 (2023): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

INTEGRASI PROJECT BASED LEARNING DENGAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI PENDEKATAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21

Megawati, Ade Yurika Isti (Unknown)
Lukito, Ahmad (Unknown)
Rachmasari, Dewi Hary (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2023

Abstract

Pendidikan di abad ke-21 membutuhkan transformasi dan pengembangan sumber daya manusia untuk memenuhi tuntutan era global. Kemampuan 4C (critical thinking, communication, creative thinking, dan collaboration) merupakan keterampilan esensial pada abad 21 yang wajib dimiliki oleh siswa guna meningkatkan kompetensi mereka. Pada proses pembelajaran di abad 21, Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan. Model pembelajaran berbasis PjBL-STEM pada pembelajaran fisika dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui keefektifan integrasi project based learning dengan STEM pada pembelajaran Fisika sebagai pendekatan efektif untuk meningkatkan keterampilan abad 21 melalui metode studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan 44 referensi dari buku dan jurnal terakreditasi nasional dan internasional terkait topik tersebut. Hasil studi penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian pembelajaran berbasis PjBL-STEM efektif untuk meningkatkan keterampilan yang harus dimiliki siswa di abad-21 karena adanya dampak dari keterampilan 4C yang harus dimiliki siswa, meliputi berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...