Pendidikan di abad ke-21 membutuhkan transformasi dan pengembangan sumber daya manusia untuk memenuhi tuntutan era global. Kemampuan 4C (critical thinking, communication, creative thinking, dan collaboration) merupakan keterampilan esensial pada abad 21 yang wajib dimiliki oleh siswa guna meningkatkan kompetensi mereka. Pada proses pembelajaran di abad 21, Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan. Model pembelajaran berbasis PjBL-STEM pada pembelajaran fisika dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui keefektifan integrasi project based learning dengan STEM pada pembelajaran Fisika sebagai pendekatan efektif untuk meningkatkan keterampilan abad 21 melalui metode studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan 44 referensi dari buku dan jurnal terakreditasi nasional dan internasional terkait topik tersebut. Hasil studi penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian pembelajaran berbasis PjBL-STEM efektif untuk meningkatkan keterampilan yang harus dimiliki siswa di abad-21 karena adanya dampak dari keterampilan 4C yang harus dimiliki siswa, meliputi berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas.
Copyrights © 2023