Media massa kerap menjadikan faktor primordialisme sebagai segmentasi audiensi. Kecenderungan ini merupakan orientasi ekonomi politik media, yang tampak semakin jelas dalam menyambut peristiwa politik seperti pemilihan kepala daerah (Pilkada). Media massa berperan besar untuk mengekpresikan pilihan politik terhadap kandidat tertentu. Peran ini semakin efektif jika media massa mampu merancang segmentasi audiensi berdasarkan faktor primordial dalam komunitas di wilayah peredarannya sehingga masyarakat mempunyai kedekatan bahkan sense of belonging terhadap media tersebut. Harian Waspada berhasil mengambil posisi itu di Sumatera Utara, termasuk Langkat. Agenda pemberitaan yang saling mempengaruhi dengan kelompok kepentingan di daerah ini membuat suratkabar ini muncul sebagai ikon dan barometer bagi masyarakat, termasuk dalam menentukan pilihan politik. Kondisi ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak, dimana pasar Waspada akan semakin kuat sehingga berkontribusi terhadap ekonomi dan kredibilitas politiknya sendiri, sedangkan masyarakat pun mendapatkan media “seagenda” untuk mempopularitaskan sekaligus memenangkan kandidat yang menjadi pilihan politik mereka.
Copyrights © 2023