Teknika
Vol 18, No 1 (2023): Maret

Evaluasi Struktur Kuda-Kuda Baja Konvensional Menara Usm Universitas Semarang Berdasarkan Perbandingan Sni 1729-2015 Dengan Sni 1729-2020

Ngudi Hari Crista ([SINTA ID : 6645762] Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2023

Abstract

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada struktur atap Menara Universitas semarang berdasarkan SNI 1729-2015 dalam perencanaan sebelumnya dan akan dievaluasi kembali menggunakan SNI 1729-2020 dimaksudkan untuk melihat sejauh mana efektifitasnya dalam penggunaan bahan baja konvensional Profil L dan dimensi profil kuda-kuda yang digunakan dimensi tersebut. Analisis Profil Siku L menggunakan peraturan SNI 1729-2020 terbaru dilakukan dengan metode statis tertentu, untuk menghitung panjang batang tekan dan tarik menggunakan metode analitis dan untuk pendimensian profil kuda-kuda menggunakan peraturan SNI1729-2020   dengan metode LRFD (Load Resistance and Factor Design) . Dari hasil analisa antara dimensi profil existing dan evaluasi terdapat perbedaan hasil tegangan dan deformasi,. Untuk Profil Siku 2L60.60.6 tegangan yang terjadi dengan menggunakan SNI 1729-2015 yang dievaluasi ulang adalah 7,68% dari tegangan leleh minimum, untukdeformasi yang terjadi adalah 8,17% sehingga dapat disimpulkan bahwa struktur atap Menara USM berdasarkan peraturan terbaru masih aman karena masih dibawah tegangan ijin dan terdapat perbedaan hasil antara peraturan baja SNI 1729-2015 dengan SNI 1729-2020 dengan prosentase yang kecil

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

teknika

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Transportation

Description

Jurnal Teknika merupakan jurnal untuk menyebarluaskan hasil penelitian atau pemikiran dibidang Teknik Sipil. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ini difokuskan pada bidang Teknik Sipil dan Rekayasa. Dosen, mahasiswa, dan peneliti diharapkan dapat memanfaatkan jurnal ini untuk berbagi ...