Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 2 No. 6: April 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Annisa Dwi Nugraheni (Universitas Negeri Jakarta)
Hana Pertiwi (Universitas Negeri Jakarta)
Muhamad Ade Nofan Ramadhan (Universitas Negeri Jakarta)
Arita Marini (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2023

Abstract

Sebagian besar peserta didik di Indonesia belum menguasai keterampilan berpikir kritis. Maka dari itu, keterampilan berpikir kritis selalu ditekankan pada saat pembelajaran berlangsung supaya peserta didik dapat meningkatkan skill berpikir kritis mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata pada skor posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah adanya perlakuan. Untuk memberikan gambaran perbedaan signifikan pada masing-masing kelas, dilakukan uji beda rata-rata skor pretest dan posttest sehingga diperoleh informasi bahwa skor signifikansi yang diperoleh kelas eksperimen = 0,000 < α = 0,05. Artinya bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen antara sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest). Adapun skor signifikansi yang diperoleh kelas kontrol = 0,004 < α = 0,05. Artinya bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol antara sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest). Kata kunci: learning cycle 7e, berpikir kritis, pembelajaran IPA

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...