Patria Educational Journal
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2 Nomor 4 Desember 2022

Pengembangan Bahan Ajar Teks Puisi Bermuatan Religius untuk Siswa Kelas X Ma Darul Huda Wonodadi Blitar

Ilma Lailatul Mufarida (UNU Blitar)
Sri Utami (Unknown)
Agus Hermawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013 ini berbasis teks. Tujuan dari pendekatan berbasis teks adalah agar siswa mampu membuat dan menggunakan teks sesuai dengan tujuannya. Salah satu pembelajaran tersebut yaitu teks puisi. Melalui pembelajaran teks puisi ini siswa dapat mengembangkan kreativitasnya. Selain itu, pembelajaran teks puisi dapat dijadikan sebagai sarana untuk menanamkan karakter religius pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar teks puisi bermuatan religius dan untuk mengetahui kelayakan produk berupa validasi produk, kepraktisan produk, dan kemenarikan produk bahan ajar teks puisi bermuatan religius di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang menerapkan enam langkah dari sepuluh langkah pengembangan. Penilaian kelayakan bahan ajar teks puisi ini menggunakan angket yang dilakukan oleh empat kelompok, yaitu ahli materi, ahli bahan ajar, guru bahasa Indonesia, dan siswa. Hasil penilaian produk oleh ahli materi diperoleh rata-rata 78%, ahli bahan ajar diperoleh rata-rata 85%, guru bahasa Indonesia diperoleh rata-rata 92%, dan siswa diperoleh rata-rata 82%. Sehingga, bahan ajar teks puisi bermuatan religius ini dikategorikan layak dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran pada kelas X MA Darul Huda Wonodadi Blitar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...