Patria Educational Journal
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2 Nomor 4 Desember 2022

Pengembangan Strategi Konkret untuk Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU Sutojayan Kabupaten Blitar

Kholisna Khoirina (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Sri Utami (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa membuat puisi berdasarkan inspirasi, penggunaan diksi dan majas masih memakai kosa kata pada umumnya. Berdasarkan hal tersebut siswa membutuhkan strategi yang lebih menarik dan dapat mendukung proses pembelajaran dalam mencapai tujuan dan indikator pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan (R&D) ini berupaya mengembangkan strategi pembelajaran “Konkret” untuk menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi pada siswa kelas VIII. Metode R&D yang digunakan adalah model 4-D yang memiliki empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan peyebaran (desseminate). Subjek uji validasi meliputi validator media, validator materi, guru bahasa Indonesia kelas VIII dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket dan observasi. Teknik analisis data melputi kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang didapat ahli materi 90,2%, uji ahli strategi memberikan skor 95%, uji praktisi atau guru memberikan skor 95,6, sedangkan siswa memberikan skor 88,3% dengan kriteria “sangat layak” dengan tindak lanjut dapat diimplementasikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...